Seorang Guru di Sumatera Selatan Terpaksa Mengajar di Atap Rumah, Begini Curhatannya - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seorang Guru di Sumatera Selatan Terpaksa Mengajar di Atap Rumah, Begini Curhatannya

 

Seorang Guru di Sumatera Selatan Terpaksa Mengajar di Atap Rumah, Begini Curhatannya


Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar di seluruh jenjang pendidikan tak lagi tatap muka. Sudah lebih dari 8 bulan, KBM dilakukan secara daring. 


Mereka yang tinggal di daerah perkotaan mungkin tak akan kesulitan saat mengikuti KBM. Tetapi lain cerita dengan mereka yang tinggal di daerah, termasuk di pelosok atau pedalaman sebuah kabupaten. 


Kendala sinyal, ketersediaan gawai menjadi persoalan yang belum terpecahkan sepenuhnya hingga saat ini. Dua hal itu menjadi sangat penting, karena di masa pandemi ini pembelajaran secara jarak jauh menjadi mutlak. 


Susahnya sinyal, benar-benar terasa di wilayah terpencil, seperti yang dialami seorang guru yang berada di wilayah terpencil bernama Soncik. 


Dia adalah seorang guru yang mengajar untuk anak SMA di Desa Pulau Geronggang Kecaatan Pedamaran Timur Ogan Komring Ilir (OKI) kesusahan untuk melakukan proses belajar daring. 


Keluh kesah ia posting di sosial media Facebook. "DESA Kami (Pulau Geronggang) kec.Pedamaran Timur OKI,belum ada TOWER INTERNET untuk mengajar Daring saya harus menaiki atap rumah !" begitu tulis Soncik lewat akun Soncikzona. 


Soncikzona dalam postingannya memasang dua foto. Satu foto tampak ia tengah memegang buku layaknya seorang guru dan memegang HP untuk mencari sinyal. Satu lagi foto dengan memegang buku. 


Postingan itu banyak dikomentari warganet. "Jangan patah semangat kanco ku," ujar Bono Bhae mengomentari postingan Soncikzona. 


Komentar lainnya ditulis Emen Ema. "Terus samangat pak guru doa kami semoga pak guru selalu sehat dan semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT," komentar warganet. 


Suyono, ikut mengomentari postingan itu. Ia mengaku memiliki tali kekerabatan dengan Soncik. Seperti ditulis DeskJabar dalam artikel "Viral!!! Seorang Guru Di Sumatera Selatan Terpaksa Naik Atap Rumah Gara Gara Susah Sinyal". 


"Nenek istrinya, kakak adik dengan nenek saya," ujar Suyono, yang juga asli Palembang. 


Ia pun memperlihatkan postingan sodaranya tersebut. Dikatakan Suyono, Soncik adalah lulusan S2 dan sekarang mengajar di salah satu SMA di daerah OKI Sumatera Selatan. 


"Dia termasuk seorang guru yang gigih dalam menjalankan tugasnya. Postingan itu memang benar," tambah Suyono.