Kadar Asam Urat Dalam Darah Ternyata Bisa Turun dengan Mengonsumsi Buah Ini! - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kadar Asam Urat Dalam Darah Ternyata Bisa Turun dengan Mengonsumsi Buah Ini!

 

Kadar Asam Urat Dalam Darah Ternyata Bisa Turun dengan Mengonsumsi Buah Ini!


Asam urat adalah jenis radang sendi yang paling umum pada pria. Asam urat membentuk kristal tajam yang terkumpul di jempol kaki dan sendi lainnya. Gejala berupa nyeri, nyeri yang menekan, dan bengkak. 


Penting untuk mendapatkan perawatan medis untuk asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sendi dan masalah ginjal. 


Pengobatan bersama dengan perubahan pola makan dapat membantu meredakan serangan asam urat. 


Dilansir dari healthline.com, salah satu perubahan yang mungkin ingin diakukan adalah menambahkan air lemon ke dalam makanan. Air lemon memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko batu ginjal.               


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sari buah jeruk ini juga dapat membantu mengurangi gejala asam urat, seperti pada sebuah studi di tahun 2017, yang menemukan bahwa air lemon dan ekstraknya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. 


Orang dewasa dengan kadar asam urat tinggi minum air lemon segar setiap hari selama enam minggu. Uji coba penelitian yang sama menguji ekstrak buah lemon pada tikus dengan asam urat tinggi. Tikus juga menunjukkan penurunan kadar asam ini. 


Studi klinis lain meninjau tes darah dari 75 orang dewasa yang minum limun segar setiap hari. Studi tersebut meliputi: 


• Orang dengan asam urat;


• Orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi tidak ada gejala asam urat;


• Orang tanpa asam urat atau asam urat tinggi; 


Setelah enam minggu, semua kelompok tersebut menunjukkan kadar asam urat yang lebih rendah. Studi tersebut menyimpulkan bahwa lemon dan air lemon mungkin menjadi obat yang berguna untuk membantu mengobati asam urat bersama dengan obat-obatan dan perubahan pola makan lainnya. 


Air lemon dapat membantu mencegah asam urat pada orang dengan kadar asam urat tinggi. Mungkin saja mereka yang memiliki kadar asam urat normal pun dapat memanfaatkan air lemon untuk menyeimbangkan asam darah. 


Mengapa air lemon bisa membantu? 


Air lemon dapat membantu menyeimbangkan kadar asam urat karena membantu membuat tubuh lebih basa. Artinya ini sedikit menaikkan tingkat pH darah dan cairan lainnya. Jus lemon juga membuat urin lebih basa. 


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, hal ini terjadi karena minum jus lemon menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kalsium karbonat. 


Mineral kalsium mengikat asam urat dan memecahnya menjadi air dan senyawa lainnya. Ini membuat darah seseorang kekurangan asam dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 


Dosis jus lemon untuk asam urat 


Diperlukan lebih banyak penelitian tentang berapa banyak jus lemon atau ekstrak lemon yang seseorang butuhkan untuk membantu menurunkan kadar asam urat darah. 


Studi yang disebutkan di atas menggunakan dosis yang berbeda. Yang pertama, peserta penelitian mengonsumsi sekitar 30 mililiter jus lemon murni setiap hari. Ini adalah jus dari sekitar satu lemon per hari. Dalam studi kedua, setiap orang meminum jus segar dari dua buah lemon yang diencerkan dalam dua liter air setiap hari. 


Selain itu, penelitian tersebut tidak mencatat efek jus lemon pada gejala asam urat, yang merupakan faktor penting bagi siapa pun yang mengalami nyeri terkait asam urat. 


Cara menyiapkan jus lemon 


Tidak diketahui seberapa cepat jus lemon bekerja untuk menurunkan asam urat, atau apakah dapat membantu meredakan gejala selama kambuh. Tetapi minum jus lemon setiap hari bahkan ketika tidak memiliki gejala dapat menjadi bagian dari diet pencegahan asam urat dan semuanya tentu membutuhkan proses. 


Minumlah jus satu hingga dua lemon per hari. Untuk memastikan meminum jus dari setidaknya satu lemon per hari, peras seluruh jumlahnya ke dalam gelas takar sebelum menambahkannya ke minuman. 


Gunakan perasan lemon untuk mengeluarkan semua jus dengan lebih mudah. Gulingkan lemon utuh di atas meja atau meja selama beberapa menit sebelum membuat jus untuk membantu mengeluarkan lebih banyak jus. 


Cara terbaik untuk meminum jus lemon adalah dengan mengencerkannya. Penelitian menunjukkan bahwa jus lemon masih berfungsi untuk membantu mengobati asam urat saat diencerkan. 


Tambahkan jus lemon segar ke dalam botol air atau buatlah "teh" lemon dengan air panas. Seseorang juga bisa membumbui teh herbal atau hijau dengan jus lemon. 


Hindari menambahkan gula ke minuman lemon. Sebagai gantinya, pemanis dengan alternatif bebas gula seperti stevia, atau beri rasa dengan mint.