Tolak Rapid Test dan Hadang Petugas Medis, Emak-emak: Hentikan Sandiwara Ini! - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tolak Rapid Test dan Hadang Petugas Medis, Emak-emak: Hentikan Sandiwara Ini!

Tolak Rapid Test dan Hadang Petugas Medis, Emak-emak: Hentikan Sandiwara Ini!
Warga di awasan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Ambon menggelar aksi demo menolak rencana tenaga medis yang datang ke lokasi itu untuk menggelar rapid tes terhadap satu keluarga di kawasan tersebut, Dalam aksi itu warga juga memblokade lorong menuju rumah keluarga yang akan dirapid tes.


Dalam rangka mendeteksi penyebaran virus corona (Covid-19), beberapa pengetesan telah dilakukan, salah satunya adalah rapid test.

Dikutip dari laman resmi WHO, Rapid test sendiri merupakan salah satu metode skrining awal yang banyak digunakan saat ini untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus corona dalam tubuh seseorang.

Rapid test bekerja dengan mendeteksi antibodi immunoglobulin melalui darah.

Hasil rapid test dapat keluar hanya dalam waktu 15-20 menit dan bisa dilakukan dimana saja.

Sayangnya, rapid test memiliki kelemahan 'false negative' yakni ketika hasil tes tampak negatif meski sebenarnya positif, begitu pun sebaliknya.

Hal inilah yang sepertinya juga memicu Puluhan warga di kawasan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, menggelar aksi demo menolak kegiatan rapid test.

Petugas medis dari Kota Ambon rencananya akan melakukan rapid test kepada salah satu keluarga di kelurahan tersebut.

Namun ketika sampai di lokasi, sejumlah warga membentangkan sejumlah pamflet berisi kecaman dan penolakan terhadap rencana rapid test salah satu keluarga di kelurahan tersebut.

Salah satu pamflet yang dibentangkan oleh salah satu emak-emak itu bertuliskan “jangan karena uang rakyat dikorbankan, hentikan sandiwara ini”.

Selain membentangkan pamflet dan berorasi melakukan penolakan, warga juga menghadang kedatangan tenaga medis di kawasan itu dengan memblokade lorong masuk menuju rumah keluarga yang akan menjalani rapid test.

Menurut ketua RT setempat, Ruslan Abdul Gani aksi tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk protes lantaran salah satu warga disana yang menjalani karantina hingga kini belum juga dikembalikan.

“Namanya A, sudah 21 hari dikarantina tapi belum pulang padahal kondisinya sangat sehat, lalu tiba-tiba tenaga medis dari Kota Ambon mau lakukan rapid test kepada keluarganya di sini, jadi warga menolak,” kata Abdul Gani, Kamis.

Dia menyebut, A sebelumnya dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test di Pasar Mardika lebih dari dua pekan lalu.

Saat itu, A langsung dikarantina di salah satu hotel di Ambon, petugas medis kemudian mengambil sampel tenggorokan untuk diuji.

“Tapi hasil swab belum keluar sampai saat ini, dan mereka mau melakukan rapid test di sini,” ujar dia.

Sementara, AA, salah satu anak A yang juga ikut dalam aksi tersebut mengaku ia menolak ikut rapid test karena hasil swab ayahnya hingga saat ini tidak juga keluar.

Dia menyebut, petugas medis telah menghubunginya beberapa kali untuk melakukan rapid test.

Namun, dia menolaknya dengan alasan tim medis tidak mampu menunjukkan bukti secara tertulis hasil rapid test maupun hasil swab kepadanya.

“Mereka (tim medis) bilang nanti datang ikut rapid test baru hasil uji lab ayah saya disampaikan, ini kan salah,” kata dia.

Aksi tersebut baru berakhir setelah salah satu babinsa setempat mendatangi lokas kejadian dan segera meminta warga membubarkan diri.(*)