Sabda Nabi Terbukti Benar! Tidur Dalam Keadaan Lampu Menyala Bisa Memicu Kanker - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sabda Nabi Terbukti Benar! Tidur Dalam Keadaan Lampu Menyala Bisa Memicu Kanker

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman jika tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan. Bahkan ada yang merasa takut jika tidur dalam keadaan gelap.

Sabda Nabi Terbukti Benar! Tidur Dalam Keadaan Lampu Menyala Bisa Memicu Kanker

Perlu kita ketahui, Bahwasanya sebelum para ilmuwan menemukan tentang bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala, 1500 tahun yang lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sudah lebih dulu memerintahkan tentang hal tersebut:

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Tutuplah wadah-wadah, ikatlah kantung air, kuncilah pintu, padamkanlah pelita karena setan tidak bisa membuka ikatan kantung air, tidak bisa membuka pintu, tidak bisa membuka wadah yang tertutup. Jika salah seorang di antara kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk menutup wadahnya kecuali dengan sebilah kayu lalu menyebut nama Allah ketika itu, lakukanlah karena tikus bisa membakar rumah yang dapat membahayakan penghuninya.” (HR. Muslim no. 2012)

Para ilmuwan saat ini berbicara tentang polusi cahaya pada malam hari, serta berbicara tentang bahaya terkena cahaya yang berlebih, terutama saat tidur.

Setelah beberapa tahun dilakukan penelitian ilmiah modern tentang efek cahaya terhadap manusia dan lingkungannya, kajian itu menghasilkan fakta mengejutkan.

Kajian itu memaksa penelitinya mengatakan: Sungguh benar Nabi kaum kaum Muslimin. Maka mematikan lampu di malam hari adalah salah satu bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah yang melindungi manusia dan lingkungannya dan pencemaran cahaya, yang muncul disebabkan cahaya yang berlebih, yang mengenai tubuh seseorang di malam hari.

Sebuah riset ilmiah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses biologis yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan berpesan agar kita senantiasa mematikan lampu pada malam hari dalam rangka memelihara kesehatan tubuh dan otak.

Dan pesan yang baru diketahui oleh para ilmuwan pada abad 21, telah disampaikan sebelumnya oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam sejak 15 abad yang lalu. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda dalam hadits shahih: Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur di malam hari, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman. (HR. al-Bukhari)

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa bahaya tidur dalam keadaan lampu menyala sebagaimana yang dilansir healthrush.com (23/03/2018) antara lain :

1. Masalah menstruasi

Salah satu efek buruk tidur dalam keadaan lampu menyala adalah bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Hal ini dikarenakan, cahaya saat tidur bisa mengganggu siklus menstruasi.

2. Kanker

Para ahli pernah mengadakan penelitian di Amerika serikat yang menunjukkan bahwa kerja pada malam hari bisa memicu timbulnya sel kanker dalam tubuh, terutama jika menggunakan cahaya. Namun diantara jenis kanker, ada salah satu jenis kanker yang paling berpotensi menyerang tubuh yaitu kanker payudara.

3. Depresi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Australia menunjukkan bahwa tidak hanya tidur dengan cahaya terang yang bisa mengganggu kesehatan, bahkan cahaya redup juga bisa memicu timbulnya masalah kesehatan. Diantara jenis gangguan kesehatan, depresi yang paling berpotensi terjadi jika tidur dengan cahaya terang maupun redup.

Untuk itu, bagi anda yang tidak terbiasa tidur dalam keadaan lampu menyala, mulai dari sekarang cobalah meninggalkan kebiasaan tersebut agar bisa meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Biolog Joan Robert mengungkapkan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Orang yang tidur dalam kondisi gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini.

Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin akan berhenti. Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris. Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Subhanallah demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad, hikmah medisnya baru terungkap. Wallahu a'lam bish shawab.