Jarang Yang Tahu! Ternyata Daun Singkong Bisa Menyembuhkan Mata Kabur, Diare, Cacingan, Demam Dan Sangat Bagus untuk Ibu Hamil! - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Yang Tahu! Ternyata Daun Singkong Bisa Menyembuhkan Mata Kabur, Diare, Cacingan, Demam Dan Sangat Bagus untuk Ibu Hamil!

Daun singkong ternyata tidak hanya enak dinikmati dalam olahan sayur, tapi ternyata juga mengandung protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Mari berkenalan dengan nikmat manfaat daun singkong dan kandungannya.  

Jarang Yang Tahu! Ternyata Daun Singkong Bisa Menyembuhkan Mata Kabur, Diare, Cacingan, Demam Dan Sangat Bagus untuk Ibu Hamil!

Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda sebelumnya, ternyata daun singkong mengandung protein mentah yang cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan daun golongan Amaranthus (bayam). Selain kaya akan protein, daun singkong juga mengandung jumlah serat yang cukup tinggi.

Protein sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan protein yang hilang lewat rambut, kulit, dan jaringan tubuh lainnya. Sedangkan serat dibutuhkan tubuh untuk menyerap air dan memperlancar pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong berdasarkan kandungan protein dan serat yang terdapat di dalamnya:



    • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan proteinKandungan protein pada daun singkong diperkirakan dapat membantu tubuh memproduksi hormon dan enzim yang dibutuhkan tubuh. Protein tersebut juga membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau menjalani pola makan yang kaya akan protein juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin daun singkong bisa menjadi salah satu variasi untuk menu makanan Anda.

    • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan seratBagi Anda yang dalam program menurunkan berat badan, pasti akrab dengan manfaat serat. Dan daun singkong bisa menjadi salah satu pilihan menu harian Anda. Pasalnya, daun singkong ternyata juga mengandung serat cukup tinggi yang diperkirakan dapat memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Meski kandungan protein cukup tinggi, sayangnya daun singkong tergolong minim asam amino. Asam amino adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein dengan fungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makan, dan sumber energi tubuh. Meski manfaat daun singkong cukup banyak bagi tubuh, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah. Baik daun maupun akar singkong memiliki kandungan sianida yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan :


1. Mengobati Hipotensi


Hipotensi adalah gangguan tekanan darah rendah. Di mana hasil tekanan darah menunjukkan angka di bawah 110. Biasanya dalam tingkatan 100 masih bisa ditolerir oleh tubuh manusia, cuma agak pusing. Tapi kalau sampai tekanan darah mencapai 90 bahkan lebih kecil lagi, ini bahaya. Makanya harus diatasi dengan konsumsi daun singkong ini.

2. Mencegah Panas Dalam dan Demam Pada Tubuh


Meskipun bisa mengobati hipotensi, namun memakan daun singkong ternyata bisa mencegah serta menyembuhkan panas dalam tubuh.

3. Mengatasi Susah BAB


Buat yang susah buang air besar, maka manfaat daun singkong ini bisa buat atasi itu. Sembelit akan sembuh segera, asalkan rutin mengonsumsi rebusan daun ketela pohon yang masih muda.

4. Meningkatkan Nafsu Makan


Khasiat daun singkong begitu ampuh buat meningkatkan nafsu makan. Apalagi kalau makannya sama sambal dan nasi hangat, ditambah lauk seperti ikan asin atau ayam goreng.

5. Memperbaiki Imunitas yang Rusak


Imunitas adalah sistem kekebalan tubuh. Antibodi ini bisa melemah saat seseorang sedang sakit. Untuk itu tingkatkan segera imunitas dan perbaikinya dengan makan daun ketela pohon.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Lainnya :


6. Menghilangkan nyeri
7. Baik untuk diet
8. Membuat badan jadi segar
9. Mengatasi meriang
10. Mencegah gangguan jantung
11. Mengatasi gangguan paru-paru
12. Membuat tidur nyenyak
13. Menghilangkan asam lambung
14. Mencegah maag
15. Membantu penyerapan gizi
16. Mengatasi diare
17. Mencegah sariawan
18. Mengobati gangguan saluran cerna
19. Menyehatkan usus
20. Menghilangkan rasa mual

Cara Memanfaatkan Daun Singkong untuk Kesehatan :


Untuk memanfaatkan daun singkong demi kesehatan, maka bisa dicoba berbagai cara dan resep. Daun ketela pohon bisa diolah jadi sayur lodeh, tumisan, pepes, bahkan kerupuk. Tinggal disesuaikan dengan selera.

Namun untuk memperoleh rasa dan manfaat yang ekstra maksimal, sebaiknya pilih hanya daun yang muda. Sehingga nantinya kandungan gizinya masih lengkap dengan sensasi rasa yang lezat.

Manfaat Daun Singkong :


1. Menghaluskan Kulit


Memiliki kulit yang halus jadi dambaan wanita. Mereka rela melakukan perawatan yang mahal menggunakan aneka krim atau laser. Konsultasi ke dokter tidak cukup sekali dua kali, namun bertahun-tahun. Tentu ini membutuhkan biaya yang besar, untuk itu cobalah alternatif menghaluskan kulit dengan daun singkong.

2. Mencerahkan Wajah


Selain menghaluskan, rupanya manfaat daun singkong juga bisa mencerahkan. Artinya memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit hitam, kusam, kering, berkerut dan menua. Ketika kulit wajah cerah tentunya bakalan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Melembabkan Kulit


Kulit lembab perlu diupayakan. Namun lembab di sini bukan karena minyak, melainkan karena seimbangnnya kadar cairan di kulit. Kulit lembab ini membuat kesan kenyal saat kulit disentuh. Selain itu juga bakal ampuh mencegah komedo dan penumpukkan minyak di bawah lapisan kulit.

4. Meluruhkan Lemak


Manfaat daun singkong ampuh buat meluruhkan lemak pula. Artinya ini bisa mencegah obesitas dan cocok untuk diet. Sebaiknya untuk mendapatkan efek luruhkan lemak ini pun konsumsi daunnya jangan dicampur dengan minyak. Jadi cukup direbus saja.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah


Kandungan vitamin C pada daun singkong ampuh buat mengatasi bibir pecah-pecah. Di mana bibir pecah ini sebenarnya sangat menganggu penampilan karena membuat senyum dan wajah kurang indah dan pucat dipandang.

Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan Lainnya :


6. Menghilangkan bekas luka
7. Mencegah jerawat
8. Mengobati jerawat
9. Mengatasi flek hitam
10. Mencegah penuaan dini
11. Meremajakan kulit
12. Membantu regenerasi sel kulit
13. Membuat kulit berwarna segar
14. Menghindari kulit pucat
15. Menyamarkan garis penuaan
16. Mencegah bau badan
17. Membuat badan langsing
18. Membuat mata kabur kembali normal
19. Menghilangkan bau mulut
20. Mencegah kulit kering

Cara Memanfaatkan Daun Singkong untuk Kecantikan :


Untuk memanfaatkan jenis daun singkong mudah saja. Tinggal direbus saja hingga lunak. Untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang terbaik, maka pilihlah daun yang masih muda-muda. Lebih sempurna lagi jika menambahkan “uyah bleng” alias garam khusus yang membuat teksturnya benar-benar lunak dan mudah ditelan.

Oleh karena ini demi kecantikan, memang alangkah baiknya olahannya murni daun singkong direbus. Tanpa tambahan apa-apa, seperti garam, gula, santan dan bumbu-bumbu, serta minyak. Selain itu, sebaiknya juga langsung menghabiskan rebusan daun ketela pohon dalam waktu yang singkat. Jangan masukkan ke dalam kulkas, sebab nanti bisa jadi biang tumbuh bakteri.

Olah Manfaat Daun Singkong Menjadi Lebih Lezat


Tertarik menikmati daun singkong sebagai variasi menu harian Anda? Manfaat daun singkong bisa Anda dapatkan dengan bermacam olahan sesuai selera. Salah satu menu yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda adalah tumis daun singkong. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 2 siung bawang putih cincang

  • 3 siung bawang merah cincang

  • Jahe secukupnya

  • 4 buah cabe merah dipotong sesuai selera

  • Garam dan gula secukupnya

  • ½ kg daun singkong yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu dipotong-potong

  • Ikan tamban kering (Anda bisa menggantinya sesuai selera)

Cara memasak tumis daun singkong,

  • Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai .

  • Jika sudah harum, tambahkan sedikit air.

  • Masukan daun singkong dan tambahkan lagi airnya.

  • Tambahkan ikan tamban atau bahan tambahan yang Anda inginkan. Lalu masukkan garam dan gula sesuai selera Anda.

  • Jika sudah agak matang dan air sudah cukup berkurang, angkat dan sajikan.

Kini, Anda sudah tahu kandungan dan manfaat dari daun singkong. Cukup masukkan dalam menu harian Anda dan keluarga untuk menikmati berbagi keuntungan mengonsumsi daun singkong.

Daun singkong ternyata tidak hanya enak dinikmati dalam olahan sayur, tapi ternyata juga mengandung protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Mari berkenalan dengan nikmat manfaat daun singkong dan kandungannya.  

Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda sebelumnya, ternyata daun singkong mengandung protein mentah yang cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan daun golongan Amaranthus (bayam). Selain kaya akan protein, daun singkong juga mengandung jumlah serat yang cukup tinggi.

Protein sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan protein yang hilang lewat rambut, kulit, dan jaringan tubuh lainnya. Sedangkan serat dibutuhkan tubuh untuk menyerap air dan memperlancar pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong berdasarkan kandungan protein dan serat yang terdapat di dalamnya:

  • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan protein
    Kandungan protein pada daun singkong diperkirakan dapat membantu tubuh memproduksi hormon dan enzim yang dibutuhkan tubuh. Protein tersebut juga membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau menjalani pola makan yang kaya akan protein juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin daun singkong bisa menjadi salah satu variasi untuk menu makanan Anda.

  • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan serat
    Bagi Anda yang dalam program menurunkan berat badan, pasti akrab dengan manfaat serat. Dan daun singkong bisa menjadi salah satu pilihan menu harian Anda. Pasalnya, daun singkong ternyata juga mengandung serat cukup tinggi yang diperkirakan dapat memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Meski kandungan protein cukup tinggi, sayangnya daun singkong tergolong minim asam amino. Asam amino adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein dengan fungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makan, dan sumber energi tubuh. Meski manfaat daun singkong cukup banyak bagi tubuh, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah. Baik daun maupun akar singkong memiliki kandungan sianida yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Olah Manfaat Daun Singkong Menjadi Lebih Lezat


Tertarik menikmati daun singkong sebagai variasi menu harian Anda? Manfaat daun singkong bisa Anda dapatkan dengan bermacam olahan sesuai selera. Salah satu menu yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda adalah tumis daun singkong. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 2 siung bawang putih cincang

  • 3 siung bawang merah cincang

  • Jahe secukupnya

  • 4 buah cabe merah dipotong sesuai selera

  • Garam dan gula secukupnya

  • ½ kg daun singkong yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu dipotong-potong

  • Ikan tamban kering (Anda bisa menggantinya sesuai selera)

Cara memasak tumis daun singkong,

  • Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai .

  • Jika sudah harum, tambahkan sedikit air.

  • Masukan daun singkong dan tambahkan lagi airnya.

  • Tambahkan ikan tamban atau bahan tambahan yang Anda inginkan. Lalu masukkan garam dan gula sesuai selera Anda.

  • Jika sudah agak matang dan air sudah cukup berkurang, angkat dan sajikan.

Kini, Anda sudah tahu kandungan dan manfaat dari daun singkong. Cukup masukkan dalam menu harian Anda dan keluarga untuk menikmati berbagi keuntungan mengonsumsi daun singkong.