Dianggap Tanaman Pengganggu, Ternyata Semua Bagian Ciplukan Punya“Khasiat” Luar Biasa, Mulai Dari Akar Hingga Daunnya, Ajaib LawanPenyakit! - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dianggap Tanaman Pengganggu, Ternyata Semua Bagian Ciplukan Punya“Khasiat” Luar Biasa, Mulai Dari Akar Hingga Daunnya, Ajaib LawanPenyakit!

Pasti kamu kenal dengan tanaman satu ini? tanaman yang sering tumbuh secara liar dan diabaikan ini memang memilki bentuk unik. Tapi tak begitu diperhatikan lantaran tak diketahui khasiat mujarabnya. Padahal ada sederet manfaat ciplukan yang begitu baik untuk kesehatan.

Dianggap Tanaman Pengganggu, Ternyata Semua Bagian Ciplukan Punya“Khasiat” Luar Biasa,

Buah ciplukan yang punya nama latin Physalis Angulata L ini tak boleh lagi Anda pandang sebelah mata. Asal tahu saja, buah yang biasanya tumbuh sembarangan di pinggir jalan atau sawah ini ternyata dijual di toko buah. Bahkan harganyapun terbilang mahal, yakni pada kisaran Rp 250-500 ribu per kilogram.

Jika dulu meliriknya pun enggan, apalagi memakannya, saat ini Anda perlu tahu manfaat ciplukan. Tentu tak mungkin bukan jika buah satu ini dijual mahal tanpa ada khasiat yang terkandung di dalamnya. Penasaran bukan? Berikut ulasannya.

1. Ekstrak ciplukan menginduksi kematian sel kanker payudara

Tak akan disangka, jika buah kecil bulat yang diselimuti daun layaknya tempurung ini sudah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan di sejumlah negara. Di lembah Amazon, buah mungil ini biasa dijadikan jus sebagai obat penenang, antirematik, pembersih darah, dan pereda sakit telinga.

Di Taiwan, manfaat ciplukan ini bisa jadi penyembuh diabetes, asma, malaria, dan hepatitis. Di Peru pun ciplukan dimafaatkan sebagai obat penyakit hati. Sementara Afrika Barat mempercayai buah ini sebagai penyembuh kanker.

Sementara di tanah air manfaat ciplukan ini diketahui lewat penelitian Cancer Chemoprevention Research Center, Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada penelitian tersebut diketahui ekstrak ciplukan mampu menginduksi apoptosis (kematian) sel kanker payudara.

2. Dari akar, buah, hingga daun punya khasiat lawan penyakit

Dari penelitian yang dilakukan oleh pihak Farmasi UGM tersebut juga ditemukan beberapa manfaat ciplukan yang lain.Tak hanya buahnya saja, akar dan daunnya pun memiliki khasiat untuk melawan penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, akar ciplukan berkhasiat sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya bisa mengatasi busung air, patah tulang, borok, bisulan, keseleo, nyeri perut, penguat jantung, dan kencing nanah. Sementara buahnya dapat dijadikan obat epilepsi, jantung, susah buang air kecil.