Banyak Yang Belom Tau! Ternyata Beraneka Ragam Penyakit Kulit Bisa Diatasi dengan Pare! Begini Cara Menggunakannya - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Yang Belom Tau! Ternyata Beraneka Ragam Penyakit Kulit Bisa Diatasi dengan Pare! Begini Cara Menggunakannya

Beberapa penyakit kulit yang seharusnya diobati dengan jenis salep atau obat yang berbeda, bisa coba Anda atasi dengan satu bahan herbal mujarab ini, pare. Buah dengan rasa pahit tersebut mengandung khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan kulit lho.

Banyak Yang Belom Tau! Ternyata Beraneka Ragam Penyakit Kulit Bisa Diatasi dengan Pare! Begini Cara Menggunakannya

Bahan aktif alaminya bersifat antibakteri, sehingga diyakini mampu membantu menyembuhkan masalah kulit berikut yang umum diderita oleh manusia.

Apa saja manfaat pare untuk kesehatan kulit, berikut ini informasinya seperti dilansir laman Boldsky:

Gatal-gatal

Gatal-gatal bisa disebabkan oleh banyak sebab. Apabila gatal yang Anda derita terjadi karena peradangan, maka coba buat ramuan jus pare, ditambah kunyit bubuk dan lidah buaya yang telah dibuang kulitnya. Oleskan pada bagian kulit yang gatal dan meradang lalu diamkan hingga 10-20 menit dan bilas sampai bersih.

Kulit putih bersih

Jus pare dapat membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang meenempel di pori. Caranya, aplikasikan di kulit dengan pijatan ringan. Seluruh tubuh yang telah diberi lulur jus pare dapat dibilas dengan air bersih kemudian. Rasakan kesegaran dan kebersihannya.

Jerawat

Adanya zat antibakteri dan antiperadangan pada jus pare membantu mengobati jerawat yang meradang. Bubuhkan jus pare yang telah dicampur dengan sedikit yogurt di bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan beberapa saat. Bilas setelahnya.

Obati ruam merah

Pare juga mengandung serat sehat dan protein dalam jumlah sedikit. Ini membantu mengatasi ruam merah dan panas di permukaan kulit. Caranya, rebus pare yang telah dipotong-potong, lalu ambil airnya yang telah berwarna kehijauan. Bilaskan pada permukaan kulit, dan biarkan beberapa saat agar meresap. Bersihkan kemudian.

Obati iritasi

Kulit bisa mengalami iritasi, kering dan gatal. Gunakan masker jus pare untuk meredakan masalah tersebut.

Terapi rutin dengan konsumsi dan penggunaan luar akan memberikan hasil lebih baik. Semoga bermanfaat.