Tak Perlu Dikorek-korek, Begini Cara Agar Kotoran Telinga Keluar dengan Sendirinya - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Perlu Dikorek-korek, Begini Cara Agar Kotoran Telinga Keluar dengan Sendirinya

Tak Perlu Dikorek-korek, Begini Cara Agar Kotoran Telinga Keluar dengan Sendirinya


Tahukah Bunda? Bahwa kotoran telinga dapat keluar begitu saja tanpa harus dibersihkan ,terlebih jika kalian membersihkan terlalu sering hingga menjadi “Hobi”. Hal ini akan meningkatkan terjadinya masalah pada telingan anda.

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan membersihkan kuping dengan cotton bud, agar tidak melakukannya setiap hari. Hal ini akan membuat liang telinga menjadi iritasi sehingga terjadi infeksi pada liang telinga.

Hal lain yang dapat terjadi adalah, kotoran telinga akan terdorong masuk ke arah dalam telinga hingga memadat di sana. Pada dasarnya kotoran telinga dapat keluar sendiri saat kita mandi dan cukup dengan mengusap bagian telinga luar saja tanpa memasukan apapun kedalam liang telinga.

dr Darnila Fachruddin, SpTHT, dari RS THT Bedah Prof Nizar mengatakan getah telinga atau yang dianggap juga kotoran telinga sebetulnya bisa keluar dengan sendiri tanpa perlu dibersihkan terlalu dalam. Bila seseorang salah membersihkannya ada kemungkinan kotoran semakin terdorong dan mengeras di dalam.

“Jadi getah telinga tidak selalu banyak dan tidak selalu menutup liang telinga, sehingga sebetulnya tidak perlu kita terlalu sering membersihkan telinga. Kalau rasanya gatal atau kelihatan di pintu telinga ada getah telinga yang keluar, boleh dibersihkan,” ujar dr Darnila ketika ditemui di kediamannya di Jalan Potlot II/10 Duren Tiga, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Rabu (6/5/2015).

dr Darnila menjelaskan bahwa ada tiga jenis tekstur kotoran telinga yaitu cair, kering, dan keras. Apabila kotoran sudah mengeras maka harus dokter yang mengeluarkannya dengan alat pembersih khusus.

“Getah telinga keras teksturnya seperti dodol yang paling sulit untuk dikeluarkan. Kalau terlalu sering membersihkan dengan cotton bud, yang dikhawatirkan kotorannya malah masuk ke dalam. Mengeluarkan kotoran yang sudah terlanjurkan masuk ke dalam itu sangat sulit, karena area dalam itu lebih sensitif,” papar dr Darnila.

Selain berisiko membuat kotoran semakin terdorong, gesekan cotton bud yang biasa dipakai juga tak baik untuk saluran telinga. Bila terlalu sering kulit bisa teriritasi, luka dan membuat infeksi.

“Dikhawatirkan benturan dari cotton bud bisa menyebabkan luka dan infeksi. Sebelum infeksi tersebut dihinggapi kuman, maka akan mengeluarkan bau,” tutup dr Darnila.

Berikut beberapa obat rumahan untuk menyingkirkan kotoran telinga seperti dilansir Boldsky, Senin (19/1/2015):

1. Minyak zaitun

Minyak zaitu merupakan cara yang paling aman dan bisa mengeluarkan kotoran telinga. Celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitu hangat. Peras kelebihan minyak dan tempatkan kapas di telinga Anda. Setelah 15 menit, keluarkan kapas. Ulangi cara ini sampai kotoran berkurang.

2. Baby oil

Ini merupakan alteratif berikutnya. Baby oil itu lembut dan tak ada efek samping untuk setiap jenis kulit. Lakukan proses yang sama seperti minyak zaitun.

3. Cuka dan alkohol

Campur dua cairan tersebut. Semprotkan ke telinga (dua tetes). Ambil kapas yang bersih dan lembut, pijat telinga bagian dalam. Ulangi proses ini sampai kotoran kuping yang berlebihan bisa diangkat.

4. Air garam

Ini obat terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga. Buatlah larutan garam menggunakan air suam-suam kuku. Ketika siap, miringkan kepala Anda ke samping dan teteskan air perlahan-lahan ke dalam telinga. Kembalikan kepala Anda ke posisi normal dan gunakan kapas bola ke telinga Anda. Ulangi proses untuk telinga yang lain.

5. Air hangat

Setelah Anda mandi, cuci telinga Anda dengan air hangat.

6. Minyak kelapa

Tuang minyak kelapa ke dalam sendok, panaskan sendok dengan api lilin. Setelah agak hangat, celupkan kapas bola, hilangkan kelebihan minyak, dan pasang kapas berukuran kecil di telinga Anda. Panas dari minyak kelapa akan merontokkan kotoran telinga.

7. Gliserin
Resep rumahan lain yang gampang untuk membersihkan telinga adalah gliserin. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. Kemudian bersihkan telinga dengan kapas bola, dan ulangi proses sampai telinga bersih.

8. Bawang putih

Hancurkan bawang putih di ulekan, setelah itu masukkan bawang putih ke sendok dan panaskan di atas lilin. Teteskan minyak yang ada ke telinga. Ini akan membantu membersihkan kotoran telinga.

9. Hidrogen peroksida

Mungkin ini terdengan terlalu kimiawi, tetapi hidrogen peroksida adalah bahan alami. Campurkan peroksida dengan air dengan komposisi yang sama, tuangkan cairan ke dalam kapas, kemudian peras kapas dan masukkan cairan ke telinga.

10. Cuka Apel

Cuka apel adalah resep rumahan yang efektif membersihkan kotoran telinga. Tinggal miringkan kepala Anda ke samping kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel. Gulung bola kapas di telinga Anda, dan biarkan selama satu jam. Ulangi proses sampai Anda merasa nyaman.