8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Rebung - Tips Dokter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Rebung

Rebung merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita temui dalam berbagai masakan Indonesia. Rasa dan tekstur rebung yang khas, selain bisa dibuat sayur, rebung juga sering dibuat isian lumpia. Nah, berikut adalah delapan khasiat rebung untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari berbagai sumber,

Khasiat Rebung


1. Rendah gula
Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein
100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya vitamin dan mineral
Siapa sangka jika rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Dan mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat
Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5. Merangsang nafsu makanan
Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol
Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah
Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Demikian 8 khasiat rebung untuk kesehatan tubuh. Meski rebung sering dijauhi karena aromanya yang khas, makanan ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh Anda. So, tunggu apalagi? Yuk coba masak sayur rebung atau lumpia isi rebung di rumah.