Waspada..!! Ini Gejala & Ciri-ciri Manusia yang Terkena Virus Corona

Waspada..!! Ini Gejala & Ciri-ciri Manusia yang Terkena Virus Corona

Diposting pada

Penyakit COVID-19 akibat virus corona yang semula tabu di Indonesia karena tidak adanya kasus yang ditemukan, kini tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya hingga saat ini jumlah pasien yang terpapar virus mematikan tersebut sudah berjumlah puluhan ribu.

Penyebaran virus corona ini tentu bisa dihindari, asalkan bisa mendeteksi awal mulanya muncul. “Gejala COVID-19 seperti flu dan faktanya sebagian besar pasien yang ada baik di RRT (Republik Rakyat Tongkok/China), Wuhan, kemudian Jepang, Italia, sudah hampir semuanya pasien dapat pulih kembali,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

“Tapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam beraktivitas. Kita harus meyakini ini ditangani. Saya ajak kita berdoa semoga saudara kita pulih kembali,” lanjut eks Wali Kota Solo ini.

Orang yang terinfeksi virus corona jenis baru COVID-19 biasanya menampakkan gejala flu biasa. Mulai dari hidung berair, pusing, batuk, demam, hingga sakit tenggorokan. Namun gejala ini juga bervariasi pada setiap orang.

Sebagian orang mengaku tidak merasakan gejala apa pun. Sementara yang lain bisa merasakan keluhan yang parah seperti batuk darah, sakit dada, hingga sesak napas.

Loading...

Virus Corona jenis baru ini memiliki gejala awal yang mirip seperti flu. Dilansir dalam situs Kementerian Kesehatan, ada beberapa ciri-ciri terkena virus Corona dan gejalanya pada manusia.

Dikutip dari Business Insider, berikut ini beberapa gejala virus corona yang berkembang dari hari ke hari.

Gejala Virus Corona

Hari Pertama

Pasien mulai demam, kelelahan, nyeri otot, batuk kering dan kemungkinan kecil potensi terjadi diare serta mual, yang sudah terjadi satu dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Pasien mulai alami kesulitan pernapasan, terutama buat mereka yang memiliki riwayat kondisi kesehatan yang memburuk sebelumnya.

Hari ke-7 dan ke-8

Jika gejala belum berakhir, maka ini waktunya pasien terkena kasus harus mulai masuk perawatan rumah sakit. Di periode ini, terutama untuk pasien yang alami kasus parah (15% dari kasus) akan alami gangguan pernapasan akut karena cairan mulai penuhi paru-paru.

Hari ke-10

Jika gejala makin parah dan tidak ada progres penyembuhan, pasien akan masuk ke ruang ICU sebab akan alami turunnya nafsu makan dan sakit di bagian abdominal. Tingkat kasus bukan lagi ringan, namun berat dengan rerata tingkat kematian sampai saat ini di kisaran 2%

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini