Ternyata Banyak Yang Belum Tau! Kecipir Sangat Efektif Turunkan Berat Badan dan Melangsingkan Tubuh Loh, Begini Caranya

Diposting pada

Kecipir, tanaman rambat ini biasanya di masak sayur atau dijadikan lalapan. Nama kecipir di berbagai tempat berbeda penyebutannya. Orang sumatera dan melayu menyebutnya sebagai kacang botol, kacang belingbing, atau kacang embing. Di sunda disebut jaat, di Jawa dinamakan cipir, sedangkan di Indonesia bagian timur menamakan kecipir dengan sebutan biraro, kacang botor, atau kacang kumbotor.

Kecipir dikenal luas dapat tumbuh dimana saja. Dari sumatera sampai papua, kecipir dapat ditemukan dengan cukup mudah. Selain enak, kecipir juga bergizi tinggi. Kandungan nutrisi tertinggi yang terdapat pada kecipir adalah protein. Selain itu, kecipir juga mengandung lemak, fosfor, kalsium, karbohidrat, vitamin C, tocopherol (antioksidan), dan vitamin A.

Manfaat Kecipir

Hampir semua bagian bagian dari tanaman kecipir sangat bermanfaat sebagai obat alami. Ekstrak daun kecipir sudah terkenal khasiatnya untuk mengobati mata yang bengkak dan sakit telinga. Jika dicampur dengan pulasari, daun kecipir sangat ampuh untuk digunakan sebagai obat penyembuh bisul.

Adapun buah dan bijinya dapat dimanfaatkan untuk melangsingkan tubuh, juga untuk menambah nafsu makan. Kandungan kalsium yang terdapat pada kecipir juga berguna untuk kesehatan tulang dan gigi, serta membantu proses pemulihan setelah sakit. Selain itu, minyak dari biji kecipir berfungsi sebagai antioksidan.

Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, bahwa kacang kecipir paling tidak memiliki 5 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan Anda, antara lain adalah

1. Rendah kalori

Kacang kecipir termasuk sayur rendah kalori. Diperkirakan 100 gr kecipir mengandung sekitar 49 kalori dan ini juga kaya serat sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang diet.

Loading...

2. Lemak sehat

Tubuh tetap memerlukan lemak untuk menjaga keseimbangan hormon dna metabolisme, dan kecipir dapat memberi asupan lemak yang sehat. Kacang bersayap ini memiliki berbagai macam lemak jenuh, mono lemak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya dibutuhkan tubuh.

3. Kaya asam folat

Jika Anda sedang hamil, maka sangat baik mengonsumsi segala makanan kaya akan folat, termasuk kecipir. Folat diperlukan dalam sintesis DNA dan pembelahan sel, juga mencegah cacat kehamilan dan menjaga perkembangan sehat janin.

4. Sumber vitamin

Jika Anda mencari sayur yang mampu melengkapi kebutuhan vitamin harian Anda, maka kecipir adalah salah satunya. Ini karena kecipir kaya vitamin C dan A sebagai antioksidan kuat sekaligus dapat menjaga kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan DNA. Selain itu juga mengandung vitamin B dan E yang dapat menjaga vitalitas tubuh, suasana hati, dan energi.

5. Tinggi protein

Kecipir juga kaya protein, bahkan sama banyaknya dengan kedelai. Jadi, jika Anda sedang diet dan ingin mendapatkan energi yang cukup, Anda bisa mengonsumsi kecipir untuk memenuhi kebutuhan protein nabati.

6. Kaya kalsium

Selain vitamin, kecipir juga memiliki beberapa mineral penting, salah satunya adalah kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, dan juga membantu memenuhi kebutuhan energi saat Anda sakit.

Jadi, itu tadi kandungan sehat dalam sayur kecipir. Meski memang tidak populer seperti sayur lain, tapi kecipir sangat bisa dijadikan referensi sayuran yang patut dikonsumsi, Ladies. Jika Anda bingung mau mengolah kacang kecipir seperti apa, cukup potong sesuai selera dan rebus begitu saja, bisa dimakan sebagai sayur pecel atau sup.

Loading...