Selain Kurma, Ini 4 Buah Yang Patut Dikonsumsi Saat Lebaran Nanti

Diposting pada

Menjelang momen Lebaran, kebanyakan orang akan sibuk menyiapkan banyak hidangan. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, semur, sambal goreng ati, kue nastar, kue kastangel, kue putri salju, kacang goreng, hingga buah-buahan.

Sayangnya, karena terlalu “asyik” menikmati camilan dan makanan berat, kamu jadi lupa mengonsumsi buah untuk menetralkan zat-zat yang berbahaya dalam tubuh.

Apalagi saat lebaran tiba, konsumsi buah seharusnya tidak boleh dilewatkan untuk menyeimbangkan kebutuhan vitamin tubuh. Lalu, apa sih buah yang dikonsumsi saat lebaran?

Selain buah kurma, ada buah yang sebaiknya dikonsumsi saat lebaran, yaitu:

1. Blewah

Blewah termasuk jenis buah yang banyak dicari saat bulan Ramadan. Kebanyakan orang akan mengolahnya menjadi es blewah, dicampur dengan sirup atau sekadar air gula. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi blewah:

Blewah merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan). Kandungan ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan kulit akibar paparan sinar UV matahari.

Blewah memiliki kadar air yang melimpah. Itu mengapa buah ini mampu menghidrasi tubuh saat puasa, mendetoksifikasi tubuh, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Blewah mengandung antioksidan seperti flavonoi, beta-karoten, luetin, zea-xanthin, dan cryptoxanthin. Kandungan inilah yang diduga mampu melindungi tubuh, sel, dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA.

2. Timun Suri

Sama seperti blewah, kebanyakan orang mengolah timun suri menjadi es timun suri. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi timun suri:

Loading...

Timun suri banyak mengandung mineral dan antioksidan (bernama flavonoid) yang bisa menstabilkan tekanan darah.

Timun suri banyak mengandung air dan serat. Kandungan ini bisa menurunkan penyerapan kolesterol dan gula pada usus.

3. Nanas

Nanas banyak digunakan sebagai bahan dasar selai kue nastar, yaitu kue yang paling banyak dicari dan digemari saat lebaran. Selain rasanya yang manis asam, nanas juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja manfaat nanas untuk kesehatan?

Nanas mengandung bromealin, yaitu enzim yang bisa membantu usus untuk memecah dan menyerap protein lebih banyak. Oleh sebab itu, enzim ini mampu meringankan masalah perut seperti sakit perut hingga diare.

Nanas mengandung antioksidan dan vitamin C yang diduga dapat melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Ini karena antioksidan seperti beta-karoten dan senyawa flavonoid yang ada di dalamnya diduga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Jeruk

Jeruk termasuk jenis buah yang banyak diminati saat lebaran. Selain rasanya yang menyegarkan, buah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  • Jeruk mengandung vitamin A dan beta-karoten yang bisa menjaga kesehatan mata.
  • Jeruk mengandung asam folat dan berbagai antioksidan yang dipercaya bisa membantu menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  • Jeruk merupakan sumber vitamin C. Ini merupakan antioksidan alami yang bisa melindungi tubuh dari radikan bebas, membantu pembentukan kolagen pada kulit, dan memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Nah, itulah buah yang dikonsumsi saat lebaran yang bisa jadi pilihan kamu untuk jadi lebih sehat.

Loading...