Masya Allah, Inilah 7 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Katuk banyak ditemui di daratan Asia. Tanaman dengan nama latin Sauropus androgynus L.Merr. ini daunnya dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan untuk meningkatkan jumlah ASI oleh ibu menyusui.

Daun katuk ternyata kaya manfaat, sehingga ia juga baik dikonsumsi orang selain ibu menyusui. Dilansir dari healthrush.com (31/5/18), inilah 7 manfaat daun katuk bagi kesehatan :

1. Antidiabetes. Hamidun Bunawan dari Institute os Systems Biology, Universiti Kebangsaan Malaysia bersama beberapa koleganya menuliskan riset berjudul ‘Sauropus androgynus (L.) Merr. Induced Bronchiolitis Obliterans: From Botanical Studies to Toxicology’. Ia melaporkan bahwa daun katuk punya sejumlah manfaat, salah satunya sebagai antidabetes. Daun katuk mempunyai pengaruh pada kadar gula darah manusia. Eksperimen memperlihatkan pasien diabetes yang makan daun katuk mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsinya. Daun katuk dipercaya bisa mengendalikan diabetes.

2. Tingkatkan kualitas sperma. Semua pasangan suami istri (pasutri) mendambakan memiliki anak. Namun jika karunia itu belum didapat, maka mengonsumsi daun katuk sangat disarankan khususnya bagi pria (baca : suami). Makan daun katuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pria.

3. Obat flu. Dalam 100 gram daun katuk, terdapat beraneka nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin C nya berkadar tinggi yaitu sekitar 244-314,3 miligram mampu memerangi infeksi virus termasuk virus flu. Selain itu, daun katuk juga mengandung kalsium sebanyak 84,4-711 miligram per 100 gram. Kalsium berperan untuk membantu menjaga kesehatan tulang termasuk mencegah dari risiko osteoporosis.

Loading...

4. Mengobati luka. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Natural Remedies melaporkan bahwa daun katuk bisa mengobati luka pada permukaan kulit. Ekstrak daun katuk bisa berkhasiat untuk menaikkan kontraksi pada luka, menutup luka dan membuat penutup luka lebih kuat.

5. Antioksidan. Beberapa studi membuktikan daun katuk memiliki zat yang berperan sebagai antioksidan. Daun katuk memiliki kandungan zat antioksidan yang paling tinggi di antara beberapa sayuran. Ia memiliki kandungan polifenol, kandungan ion, senyawa untuk memerangi radikal bebas dan kandungan antioksidan lain.

6. Baik untuk ibu hamil. Selain untuk ibu menyusui, daun katuk juga baik untuk ibu hamil. Ia punya banyak nutrisi termasuk senyawa yang disebut phytochemical. Sejumlah senyawa ini menstimulasi pertumbuhan hormon steroid yang terdiri atas hormon progesteron, testosteron, estrogen, estradiol dan glukokortiroid serta senyawa eicosanoid (pengontrol hormon).

7. Antiinflamasi. Daun katuk juga berfungsi sebagai antiinflamasi atau peradangan. Sebuah studi menggunakan tikus yang menderita rat paw edema atau pembengkakan. Studi mengevaluasi efek etanol dan ekstrak pada daun katuk Etanol terbukti memiliki efek antiinflamasi lebih baik.

Nah itulah 7 manfaat daun katuk untuk kesehatan. Silakan dicoba ya, Sob.

Loading...