Ia Membalut Kakinya Dengan “Sayur Kol” Seperti Ini, Tapi Setelah Tahu “Khasiatnya”, Semua Orang Jadi Ikutan!

Diposting pada

Sayur kol adalah sayuran yang paling sering ditemui di pasar. Selain mudah mencarinya, nutrisi kol juga banyak seperti vitamin C, karbohidrat dan berbagai mineral yang berguna untuk tubuh.

Kandungan indol di sayur kol bisa mengubah metabolisme estrogen dan mengurangi resiko kanker payudara. Isotiosianat yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, kol juga mengandung lupeol dan sulforafan yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Tapi, tahukah kamu? Selain kaya akan nilai gizi, kol juga berguna untuk mengurangi nyeri otot, loh! Gimana caranya?

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh International Medical Journal dalam “The Clinical Journal of Pain” pada bulan November 2016, 1-2 lembar kol yang diiris halus dan kemudian diendapkan di bagian otot yang nyeri selama dua jam setiap hari, maka efeknya akan lebih baik daripada tidak diobati sama sekali.

Cara membuat:

Ambil 1-2 lembar sayur kol. Potong bagian kerasnya yang ditengah dan kemudian dicincang halus. Taruh di atas lutut yang nyeri dan balut dengan perban. Lakukan hal ini setiap hari minimal 2 jam. Lebih bagus lagi jika dibiarkan semalaman. Kemudian cuci bersih dengan air hangat.

Loading...

Setelah 4 minggu, maka kamu akan merasakan efek penyembuhan jauh lebih baik dibanding tidak kamu obati sama sekali.

Sebenarnya penggunaan sayur kol untuk menghilangkan rasa sakit ini adalah metode yang sudah lama sering dilakukan. Meskipun kedengarannya luar biasa dan sudah digunakan selama berabad-abad dan studi akademis juga telah membuktikan pengaruhnya, namun alasan pastinya masih belum diketahui.

Para ahli memang mengatakan ada komponen nutrisi dalam kol yang relevan untuk mengatasi nyeri otot. Tapi, tetap diingatkan, jika sakit berlanjut, sebaiknya mencari bantuan medis profesional yang tepat.

Dan faktanya, kol tidak hanya sebagai anti peradangan, tapi sering juga digunakan ibu menyusui untuk mengkompres payudaranya. Saat produksi ASI berkurang, kamu bisa mengkompres payudara dengan daun kol. Selain itu, ketika betis bengkak, daun kol juga bisa diaplikasikan di daerah yang bengkak.

Dan juga ketika wanita merasa tidak nyaman saat menstruasi, kamu bisa memanaskan daun kol terlebih dahulu dan tarus diatas perut untuk meredakan nyeri saat menstruasi.

 

Loading...