Hampir Punah, Padahal Tumbuhan Ini Bisa Sembuhkan Demam, Sakit Gigi dan Membersihkan Rahim

Diposting pada

Tumbuhan ini berasal dari suku Piperaceae. Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia, ditanam dipekarangan, ladang, atau tumbuh liar di tempat-tempat yang tanahnya tidak lembab dan berpasir seperti didekat pantai atau di hutan sampai ketinggian 600 m dari permukaan laut.

Cabai jawa termasuk tumbuhan menahun, batang percabangan liat, tumbuh memanjat, melilit atau melata dengan akar lekatnya, panjangnya mencapai 10 meter.

Cabe jawa ini cukup banyak mengandung zat-zat kimia. Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, chavicine, palmetic acids, tetrahydropiperic acids, 1-undecylenyl-3, 4-methylenedioxy benzene, piperidin, minyak asiri, N-isobutyldeka-trans-2-trans-4- dienamide, and sesamin.

Piperine mempunyai daya antipiretik, analgesik, anti inflamasi, dan menekan susunan saraf pusat. Bagian akar mengandung piperine, piplartine, dan piperlonguminine.

Berikut beberapa contoh pemakaian cabe jawa untuk pengobatan:

1. Pencernaan terganggu, batuk, ayan, demam sehabis melahirkan, menguatkan lambung, paru dan jantung

Buah cabe jawa kering sebanyak 5 gram ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata, lalu diminum sekaligus.

Loading...

2. Sakit gigi

Daun cabe jawa yang segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi hangat disaring , airnya dipakai untuk kumur-kumur.

3. Kejang perut

Daun cabe jawa segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Selagi hangat disaring lalu diminum sekaligus.

4. Urus-urus untuk penderita penyakit hati.

Cabe jawa 3 butir dan rimpang lempuyang seukuran ibu jari ditumbuk. Tambahkan 1 sendok makan air matang sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Airnya diminum sekaligus.

5. Demam

Buah yang kering sebanyak 3 gram digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.

6. Membersihkan rahim

Akar kering cabe jawa sebanyak 3 gram digiling halus. Seduh dengan air panas, hangat-hangat diminum.

Ingat ya…takaran dan campuran yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik ikuti, like, dan share ya biar bermanfaat untuk banyak orang. Terimakasih banyak.

Loading...