Air di rumahmu Berwarna Kuning dan Keruh, Coba Deh 5 Tips ini, Kamu bisa Bikin Air Sumur jadi Jernih hanya dengan Menggunakan ini!

Air Di Rumahmu Berwarna Kuning dan Keruh? Kamu bisa Bikin Air Sumurmu Jernih Lagi Pakai 5 Cara Ini

Diposting pada

Sering kedapatan air tiba-tiba keruh dan berwarna kuning, sudah susah mencari air bersih, air sumur pun tak bersih, tak usah bingung, nih saya kasih cara biar air sumur dirumah kembali jernih lagi, dengan cara yang mudah dan terjangkau, pasti air sumur dirumah jernih dan bersih.

Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia, mulai dari kebutuhan untuk minum hingga mencuci. Tak ada air sama dengan tak ada kehidupan. Oleh karena itu, air yang bersih sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Bagi beberapa wilayah yang sudah terjamah oleh perusahaan air minum, air yang bersih dan jernih tentu akan sangat mudah diperoleh.

Lantas, bagaimana dengan wilayah yang belum dijangkau oleh perusahaan air minum dan masih mengandalkan sumber air dari sumur?

Air yang didapat dari sumur cenderung bermasalah. Apalagi yang tinggal di perkotaan dan daerah bekas rawa, umumnya air dari sumur tidak terlalu bersih, keruh, dan kekuningan.

Nah, air dengan kriteria tersebut tentu tidak aman untuk dikonsumsi dan kita juga menjadi jijik. Untuk itu, Saya hendak memberikan solusi cara menjernihkan air sumur secara alami dan ekonomis.

Saat ini banyak sumur memiliki kualitas air yang buruk karena dibuat di tempat atau lingkungan yang kurang sesuai. Oleh karena itu sebelum menjernihkan air sumur, perhatikan terlebih dahulu beberapa kriteria sumur yang baik berikut ini:

Sumur memiliki kedalaman lebih dari 10 meter

Jarak antara sumur dengan MCK atau toilet minimal 10 meter, jika melebihi 10 meter akan lebih baik. Ini untuk memastikan air sumur tidak tercemar oleh limbah kamar mandi yang merembes ke dalam sumur, Jika ingin menggali sumur, hindari lahan atau tanah yang dulunya pernah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Meskipun sudah tidak ada sampahnya, tetapi kuman dan bakterinya tetap tertinggal di lahan tersebut
Tekstur tanah bercampur pasir merupakan tempat penggalian sumur yang ideal. Pasalnya, pasir bisa menjaga kejernihan air sumur secara alami, Hindari membuat sumur di area bekas rawa, sebaiknya buat sumur di dekat tanah yang ditumbuhi tanaman berakar karena jenis tanaman itu banyak mengandung air, Setelah Anda menemukan area yang pas untuk membuat sumur, maka mulailah menggali sumur baru. Akan tetapi, jika sumur sudah tersedia, maka Anda hanya perlu mencari cara untuk menjernihkan air dalam sumur tersebut. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk menjernihkan air sumur:

BERIKUT TIPS MENJERNIHKAN AIR SUMUR

Ijuk

Ijuk merupakan serat pepohonan yang dikenal sebagai bahan baku untuk membuat sapu. Faktanya, ijuk juga dapat digunakan untuk menjernihkan air sumur, lho! Berikut adalah cara menjernihkan air dengan ijuk:

  1. Gunakan ijuk berbentuk lingkaran yang memiliki diameter kurang lebih 1 meter
  2. Ambil 5 rangkaian ijuk, lalu tumpuk dan jalin kelima rangkaian ijuk dengan tali yang dilengkapi dengan pemberat
  3. Masukkan rangkaian ijuk ke dalam sumur. Untuk mendorong ijuk sampai ke dasar sumur, dorong dengan sebilah bambu
  4. Agar ijuk tidak mengapung ke atas, tindih dengan beberapa batu bata

Sebagai catatan, proses menjernihkan air sumur dengan menggunakan ijuk ini tidak memberikan hasil secara instan. Anda harus menunggu beberapa hari kemudian untuk melihat kejernihan air di dalam sumur tersebut.

Arang Tempurung Kelapa

Tahukah Anda bahwa arang tempurung kelapa mengandung karbon aktif yang mampu mengikat kotoran? Kandungan inilah yang membuat arang kelapa bisa menjernihkan air, khususnya air sumur. Cara mengaplikasikan arang kelapa sebagai penjernih air sumur cukup, yaitu:

1. Bungkus arang kepala menggunakan kain
2. Masukkan ke dalam sumur

Sesuaikan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur Anda, jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit. Arang kelapa ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di warung atau toserba jika Anda tidak ingin repot membuatnya sendiri.

Menguras Sumur

Apabila ketiga cara di atas tidak bisa menjernihkan air dalam sumur, maka Anda harus mencoba untuk menguras sumur itu. Pasalnya, air yang keruh dan kotor juga bisa disebabkan oleh lumut yang tumbuh di dinding sumur. Di samping itu, mungkin dasar sumur juga sudah dipenuhi dengan lumut sehingga air menjadi kekuningan dan kotor.

Membuat Filter Air Sederhana

Selain semua cara-cara di atas, menggunakan filter air juga merupakan cara yang efektif untuk mengubah air sumur yang keruh menjadi lebih bersih dan jernih. Anda tak perlu membeli filter air dengan harga yang mahal, cukup buat sendiri filter air sederhana. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

Loading...

• Botol air mineral
• Gunting atau pisau
• Kapas
• Arang kelapa atau pasir
• Kerikil kecil
• Kerikil besar

Apabila semua bahan tersebut sudah terkumpul, sekarang kita bisa langsung membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Gunting bagian bawah botol air mineral bekas berukuran 600ml atau 1,5 literkemudian, Buat lubang kecil pada tutup botol dengan pisau atau obeng, lalu Masukkan kain atau kapas ke dalam botol hingga menyentuh tutup botolnya, Lanjutkan dengan mengisi dengan pasir atau arang kelapa yang dihancurkan sekitar 2 inci, Tambahkan 2 inci kerikil kecil ke dalam botol, Selanjutnya, tambahkan lagi 1-2 inci kerikil dengan ukuran yang lebih besar, Coba tuangkan air yang keruh dan kotor ke dalam botol, Letakkan gelas kosong di bawah tutup botol dan lihatlah air yang keruh tersebut akan disaring hingga jernih

Jika Anda berhasil menjernihkan air dengan filter sederhana ini, maka Anda bisa membuatnya dengan ukuran yang lebih besar lagi. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan tabung galon air, ember, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Buat Lubang Resapan Biopori (LRB)

Cara terakhir ini merupakan cara paling ampuh, saya sendiri sudah membuktikannya. Biopori atau yang biasa disebut dengan lubang resapan biopori merupakan salah satu solusi manajemen air berupa lubang yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Lubang berdiameter 10 hingga 30 cm dengan kedalaman 80-100 cm.

Lubang-lubang biopori dapat menjadi tempat berlalunya air hujan dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak lubang-lubang tersebut, maka semakin besar kemampuan tanah untuk meresapkan air hujan di atasnya. Dengan demikian, potensi untuk menjadikan air sumur kembali bersih dapat dilakukan dengan sistem ini.

Lubang biopori memiliki manfaat yang sangat banyak. Berbagai jenis-jenis rumah tinggal sebaiknya menerapkan lubang biopori di taman rumah. Lubang biopori juga dapat membantu Anda menciptakan ciri-ciri rumah sehat luar dalam serta memberikan kontribusi untuk membangun ciri-ciri lingkungan sehat.

Bukan hanya bisa menjernihkan air sumur, Namun biopori juga bisa membantu meningkatkan kesuburan tanah dan menyimpan banyak cadangan air dalam tanah sehingga Anda tak perlu lagi bingung ketika musim kemarau tiba.

Cara membuat lubang biopori tidak sulit atau bisa dibilang mudah. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu :

  • Bor (jika tidak ada bor pakai besi biasa juga bisa)
  • Pipa 4 inchi ( dan penutup yang sudah dilubangi tiap sisinya)
  • Air secukupnya
  • Alat biopori (jika tak ada gunakan linggis juga bisa)

Sementara langkah-langkah cara membuat lubang biopori yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Tentukan lokasi lubang

Sebelum membuat biopori, tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu letak tanah yang akan dijadikan lubang biopori. Pilih tanah yang dekat dengan sumur murni, jarak antara 3 – 5 meter.

Melakukan penyiraman

Tahap selanjutnya adalah menyiram tanah tersebut dengan air. Ini bertujuan supaya air dapat membantu tanah yang keras menjadi lebih lunak dan memudahkan proses pelubangan.

Membuat lubang

Membuat lubang biopori dapat dilakukan dengan menggunakan bor tanah. Untuk mempermudah pembuatan lubang, ketika mata bor sudah masuk seluruhnya ke dalam tanah, Anda dapat menarik bor tersebut sambil di putar kearah kanan. Tanah yang diangkat lalu dibersihkan dan ulangi proses tersebut hingga lubang sudah mencapai kedalaman ideal. Pastikan lubang membentuk tegak lurus yang sempurna.

Untuk membantu proses lebih cepat lagi, Anda juga dapat menyiram tanah tersebut selagi tanah di gali. Jika pada saat proses pembuatan lubang Anda menemukan kerikil dan bebatuan yang menghalangi, segera hentikan proses dan bersihkan semua kerikil tersebut sebelum melanjutkan kembali. Jika ternyata Anda tidak memiliki bor tanah, proses pelubangan dapat dilakukan dengan menggunakan linggis.

Melapisi lubang

Lubang yang sudah terbentuk kemudian dilapiri dengan pipa PVC yang sesuai dengan diameter lubang biopori. Agar lubang biopori lebih awet dan tahan lama, sebelum memasukan PVC Anda juga dapat menyemen sekeliling lubang tersebut.

Dengan berbagai cara menjernihkan air sumur di atas, Anda tidak perlu bingung mengatasi masalah air sumur yang kotor, keruh dan kekuningan. Pastikan Anda selalu membersihkan sumur dengan mengurasnya secara teratur agar air didalamnya tetap jernih dan bersih.

Loading...